Bukan Cuma Menyembelih Kurban Ini Makna Idul Adha Buat Hidupmu

Bukan Cuma Menyembelih Kurban, Ini Makna Idul Adha Buat Hidupmu

Tahukah, kamu?

Big Cow Chili memegang rekor sebagai sapi terbesar di dunia. Beratnya mencapai 1200kg dengan tinggi mencapai 2 meter.

Hewan mamalia ini biasanya hidup 15-25 tahun. Namun pada tahun 2012, sapi jenis Dremon bernama Big Bertha tercatat sebagai sapi tertua di dunia, yakni 49 tahun.

Berbagai fakta menarik tentang sapi di atas sekaligus sebagai reminder bahwa sebentar lagi umat muslim di dunia akan merayakan hari raya Idul Adha atau yang lebih akrab di kenal dengan hari raya Kurban.

Selagi muda, sudahkah kamu memahami betul tentang berkurban? Apa saja hal makna dari Idul Adha? Karena di Hari Raya ini, kita nggak hanya sekadar melaksanakan kewajiban, tetapi juga sebagai wujud solidaritas sosial dan simbol ketakwaan. Simak makna lainnya untuk hidupmu, yuk!

Belajar Ikhlas

Makna kurban dalam Idul Adha adalah bahwa umat-Nya harus ikhlas dalam menjalankan setiap cobaan yang diberikan oleh Allah SWT. Kata lainnya adalah saat “disembelih” Allah SWT, maka ikhlaslah dan bertawakal sehingga dengan keikhlasan itu kamu akan mendapatkan “domba” sebagai penggantinya. Namun sayangnya, manusia seringkali lupa untuk ikhlas. Nah, selagi muda, inilah saatnya kamu untuk mulai belajar ikhlas atas segala cobaan yang diberikan Allah SWT.

Lebih Taat Beribadah

Hakikat kurban Idul Adha adalah bahwa kembalinya kamu pada tujuan hidup, yaitu beribadah kepada Allah SWT. Karena manusia dan jin tidaklah diciptakan, kecuali untuk beribadah. Ini adalah waktu yang tepat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Salah satu caranya adalah melalui hewan ternak yang dikurbankan atau disembelih. Ibaratnya kita seperti merelakan sedikit harta untuk dikurbankan dalam bentuk hewan.

Tingkatkan Solidaritas

Seperti yang disebutkan di atas, kurban berarti menyisihkan dan melapangkan rezeki untuk berbagi dan berempati bagi sesama. Ya, tujuannya adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa solidaritas sosial sehingga diharapkan dapat menjembatani kesenjangan sosial antara kaum yang mampu dengan yang tak mampu. Melalui kurban, kita menebar kepedulian sosial melalui penyebarluasan daging kurban. Berbagi itu begitu menyenangkan.

Ternyata jika diresapi, Idul Adha nggak hanya sekadar potong sapi atau kambing, ya? Ada makna yang begitu dalam di balik merayakan Hari Raya ini. Hal ini bisa diaplikasikan bagi kamu yang selama ini sudah atau baru mulai belajar berkurban. Kamu nggak akan lagi merasa berat untuk menyisihkan budget setahun sekali untuk membeli hewan kurban. Selamat Hari Raya Idul Adha 1437H, mohon maaf lahir dan batin.

About admin

Check Also

Bunga Bank Buat Pacar Sih Biasa Bunga Hasil Reksadana Dong

Bunga Bank Buat Pacar sih Biasa, ‘Bunga’ Hasil Reksadana Dong! Bunga hasil reksadana, terutama hasil …

Buat Pasangan Muda Simak 6 Tips Investasi Untuk Pengantin Baru

Start Investing, Start Loving Buat Pasangan Muda, Simak 6 Tips Investasi untuk Pengantin Baru Tentu …

Bolehkah Meminjam Uang Untuk Berinvestasi

Bolehkah Meminjam Uang untuk Berinvestasi? Nah, pertanyaan ini seringkali diajukan oleh kaum muda seperti kamu …